Sejarah

Sejarah Sekolah

SMK Negeri 1 Sudimoro  berada di desa sukorejo kec. Sudimoro, kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sekolah ini merupakan sekolah alih fungsi dari sekolah umum menjadi sekolah kejuruan. Nama sekolah sebelumnya adalah SMA Negeri Sudimoro. Perubahan alih fungsi dari SMA menjadi SMK ini dengan pertimbangan bahwa sekolah umum dari tahun ke tahun peminatnya semakin sedikit, masyarakat lebih memilih sekolah kejuruan. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka pada tahun 2009 pemerintah daerah kabupaten Pacitan mengambil langkah kebijakan mengalihfungsikan sekolah ini dari SMA menjadi SMK yang tertuang dalam surat keputusan Bupati Pacitan nomor 188.45/245/408.21/2009 tentang alih fungsi SMA Negeri Sudimoro menjadi SMK Negeri Sudimoro.

Sehubungan telah dibentuknya lembaga sekolah baru di kecamatan Sudimoro yaitu SMK Negeri 2 Sudimoro pada tahun 2012 maka SMK Negeri Sudimoro mengalami perubahan nomenklatur menjadi SMK Negeri 1 Sudimoro berdasarkan surat keputusan Bupati Pacitan nomor 188.45/246/KPTS/408.21/2012 tanggal 9 Juli 2012.

Kompetensi Keahlian yang dibuka pada awal berdirinya SMK ini adalah Teknik Kendaraan Ringan, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Sesuai dengan berjalannya waktu  tahun demi tahun sekolah ini semakin memikat hati masyarakat, tidak hanya dari kecamatan sudimoro saja tetapi dari kecamatan lain bahkan diminati oleh masyarakat luar kabupaten Pacitan yang kebetulan letaknya dekat dengan lokasi sekolah ini yaitu kecamatan Panggul kabupaten Trenggalek. Dua tahun kemudian sekolah ini membuka kompetensi keahlian Akuntansi.

Dengan diselenggarakannya 4 kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Sudimoro ini maka tiap tahun dapat merekrut siswa kurang lebih 120  orang.

Harapan kami ke depan sekolah ini semakin maju dan berkembang dan berhasil mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja dan dunia industri. Walaupun letaknya  berada di ujung desa mudah mudahan tidak kalah dengan mereka yang berada di tengah kota.